Kamis, 24 Mei 2012

Belajar Usaha Dari Seorang Bayi

Mengamati perkembangan anak-anak di Griya Muslim Azkia sungguh suatu anugerah. Walaupun teramat banyak yang luput dari perhatian kita. Kami baru sadar teramat banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari seorang bayi. Seorang bayi  ternyata memiliki profil pembelajar terbaik.(...malu...baru sadar..:)

Kalau kita perhatikan bagaimana proses belajar sang bayi, betapa tinggi rasa ingin tahunya. Tatkala kita sodorkan padanya sebuah mainan, dengan serta merta dia ingin mengetahui mainan itu. Dipegangnya lalu digerakkannya dan dipandanginya seluruh permukaan benda itu, setelah puas lalu dia masukkan mainan ke mulutnya untuk mengetahui rasanya. Lalu biasanya dilemparkannya mainan itu untuk mengetahui reaksinya dan akhirnya diraihnya kembali mainan itu. 

Adakah rasa ingin tahu kita selaku pembelajar sebesar itu? Rasa ingin tahulah yang mengantar kita pada temuan-temuan terbaru. Ibnu Abbas ra pernah ditanya seorang sahabatnya, “Bagaimana engkau bisa secerdas ini?”, jawab beliau: “Dengan akal yang gemar berfikir dan dengan lisan yang gemar bertanya”Betapa tinggi rasa ingin tahu beliau. Ikutilah….

Ketika sang anak berusaha berdiri, lalu terjatuh, bangun berdiri dan terjatuh lagi,  dia tidak mengenal kata putus asa! Bahkan dalam hatinya dia berkata “Suatu hari aku pasti akan bisa, seperti yang lain pun bisa!”. Masih adakah kita begitu mudah untuk kurang sabar dan cepat merasa putus asa dengan apapun yang  baru kita capai saat ini selaku pembelajar?

Jika kita memberikan sebuah mainan kotak kecil pada sang anak, maka di tangan si kecil mainan kotak  itu dapat menjadi mobil-mobilan, kapal terbang, perahu, rumah-rumahan dan berbagai macam mainan lainnya dapat tercipta dalam imajinasinya. Benar-benar sebuah miniatur kreativitas. Apakah pola pikir rutinitas masih mendominasi kita? Mengapa kita enggan mencoba mencari pendekatan lain yang di luar kerutinan kerja kita? Padahal ada banyak jalan lebih baik sebanyak ikhtiar kita untuk menemukannya. Buatlah lebih baik, tidak asal beda.


Setidaknya ada beberapa pelajaran yang dapat kita ambil dari perilaku bayi diatas...yaitu :
  • Saat kita memulai sebuah usaha belajarlah dari seorang bayi, kita harus mengenali, memahami apapun tentang usaha itu.
  • Usaha itu membutuhkan sikap yang pantang menyerah, ulet, sabar dan mempunyai keyakinan untuk berhasil.
  • Kreatifitas sangat dibutuhkan saat kita menginginkan usaha kita maju.


Ternyata teramat banyak ilmu yang harus kita pelajari, tetap semangat untuk belajar, berdoa dan bersabar.

****

0 comments:

Posting Komentar