Jumat, 16 Juli 2010

Beberapa Kesalahan Dalam Mendidik Anak (1)


Anak adalah amanat yang harus kita jaga sebaik-baiknya. Kendati Tanggung jawab mendidik anak itu besar, namun sebagian besar masyarakat ( termasuk saya...) mengabaikan masalah tanggung jawab ini, meremehkan masalah, dan tidak mau memelihara masalah tanggung jawab secara serius, sehingga menelantarkan anak2 mereka, membiarkan persoalan pendidikan mereka.
Berikut beberapa kesalahan dalam mendidik anak yang dikutip dari buku 'Akhlaquna al-Ijtima'iiyah' :

  1. Menumbuhkan pada diri anak rasa kecil hati, takut, gelisah dan keluh kesah. Contohnya menakut-nakuti anak dengan hantu, penculik, setan dll.
  2. Lebih buruk lagi kita menakut-nakuti mereka dengan gurunya, sekolahnya atau dokter.
  3. Mendidik berbicara dengan tanpa dipikir masak2 terlebih dahulu, kelancangan (lidah) dan merasa dirinya lebih tinggi dari orang laindengan alasan agar anak menjadi pemberani.
  4. Mendidik anak dengan dimanja dan hidup tanpa aturan, membiasakan anak hidup mewah, royal dan bersuka ria. Mendidik anak seperti ini akan merusak naluri baik, melenyapkan keistiqomahan serta membasmi kewibawaan dan keberaniannya.
  5. Membuka tangan untuk anak2, bahkan memberikan kepada mereka segala apa yang diinginkan, tanpa dapat menolak sedikitpun
  6. ....diteruskan di posting berikutnya....

0 comments:

Posting Komentar