Jumat, 25 Juni 2010

Kiat Hidup Bertetangga Secara Islami


Tetangga adalah bagian dari lingkungan keluarga kita yang paling dekat. Lingkungan yang nyaman dengan tetangga yang rukun adalah dambaan setiap orang.
Apalagi GriyaAzkia yang menyediakan berbagai perlengkapan muslim adanya dilingkungan perumahan.
Bagaimana kiat hidup bertetangga menurut islam..???
Berikut diantaranya :

  1. Bila ingin membangun rumah atau mengontrak di sebuah pemukiman, pilihlah tempat yang kebanyakan penduduknya masih terlindungi dengan moral-moral Islam. Karena keburukan tetangga merupakan bencana bagi kelangsungan hidup dalam menjalankan agama.
  2. Jadilah orang yang paling rukun, akrab dan mudah bersosialisasi. Jadikan mereka sebagai mitra dalam berlomba2 menuju kebaikan.
  3. Hormati hak2 mereka, jangan menyetel radio atau tv dengan suara yang tinggi, karena dapat menyebabkan kebencian mereka terhadap kita.
  4. Perlakukan anak2 tetangga dan kasihilah mereka sebagaimana kita mengasihi anak2 kita
  5. Bila kita memasak suatu makanan atau minuman, sementara baunya tercium oleh tetangga sebelah, maka hendaknya kita menyisihkan bagi mereka.
  6. Jalinlah kerukunan antar tetangga dengan silaturrahmi ke rumah2 mereka, tapi jang terlalu sering dan tanpa keperluan.
  7. Bantulah apa yang mereka butuhkan sesuai dengan kemampuan, jenguklah orang sakit dan ringankan beban mereka.
  8. Jika mereka mengundang karena suatu kepentingan, maka datangilah. Jangan terlalu sering beralasan untuk tidak hadir karena akan menimbulkan kesan egois dimata mereka.
  9. Hindarilah obrolan yang tidak sehat antara tetangga, terlebih membicarakan keburukan tetangga yang lain.
  10. Bagi seorang laki2 janganlah masuk kerumah tetangganya ( yang bukan mahramnya) bila didalamnya tidak ada laki2 selain dirinya. Hal itu akan menimbulkan fitnah dan prasangka buruk lainnya.
Masih banyak yang belum tercantum...Ada yang mau nambahin...silakan

0 comments:

Posting Komentar