Rabu, 12 Mei 2010

7 Kiat Membangun Komunikasi Yang Efektif Dengan Anak


Efektifkah cara komunikasi kita dengan anak kita ??
Sebuah pertanyaan besar yang harus kita jawab dengan hati serta fikiran yang jernih. Komunikasi dengan anak harus kita bangun supaya tidak tercipta ruang yang lebar antara orangtua dengan anaknya. Bagaimana cara supaya komunikasi kita efektif, berikut diantaranya :

  1. Pilihlah waktu yang tepat untuk berbicara, jangan paksakan untuk melayani pembicaraan kita saat dia tengah sibuk dengan permainannya.
  2. Pilihlah materi yang tepat untuk dibicarakan dengan anak, jangan tanpa aturan yang menjadikan anak tidak konsentrasi pada saat mendengarkannya.
  3. Jangan terlalu lama dalam berbicara atau berbelit-belit, yang demikian akan memancing sang ayah untuk berlebihan dalm memberikan perhatian kepada anak atau sebaliknya cenderung bersantai-santai
  4. Tataplah kedua matanya dengan pandangan kasih sayang dan latihlah anak untuk terbiasa berkomunikasi memandang mata. Sikap itu merupakan latihan untuk berbuat jujur dan menjadikan anak semakin akrab dengan kita
  5. Tenangkan fikiran dan hati kita, jangan mengajak berkomunikasi saat fikiran kita sedang ruwet dan hati kita sedang gelisah. Kondisi ini akan menjadikan kita tidak stabil dan mudah terpancing emosi.
  6. Latih kekuatan daya ingat mereka dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang kemarin kita sampaikan. Dengan cara itu kita dapat mengukur daya konsentrasi anak terhadap pembicaraan kita.
  7. Pancing anak untuk merasa ikut menikmati pembicaraan itu. Bila tampak kejenuhan dan ketidaktertarikan pada diri anak, jangan paksa kan mereka untuk tetap meladeni, lebih baik hentikan lantas cari apa yang menyebabkan anak tertarik. Upayakan agar hal itu tidak terulang lagi.
Ada yang mau melengkapi....silahkan

0 comments:

Posting Komentar